Iker Casillas Calonkan Diri jadi Presiden PSSI-nya Spanyol

By ommed


nusakini.com - Kiper legendaris Real Madrid dan tim nasional Spanyol, Iker Casillas secara resmi mendeklarasikan diri untuk maju dalam pemilihan presiden Federasi Sepak Bola Spanyol RFEF pada 2020 ini.

Casillas terpaksa menepi dari lapangan hijau hingga kini setelah ia mengalami serangan jantung dalam sesi latihan bersama Porto pada Mei 2019 lalu.

Kini Casillas memang sudah kembali masuk ke skuad Porto. Namun, sosok 38 tahun itu memilih menunggu hingga Maret nanti untuk menentukan apakah ia bakal kembali bermain atau pensiun.

Lewat akun Twitter pribadinya pada Senin (17/2/2020), Casillas mengumumkan rencana dirinya untuk ikut bertarung dalam pemilihan presiden RFEF.

"Ya, saya akan mengajukan diri menjadi presiden RFEF ketika pemilihan memanggil. Bersama-sama kita akan menempatkan federasi kita di puncak sepak bola terbaik dunia: itulah Spanyol," ujar Casillas.

"Saya sudah memberitahu presiden klub saya, FC Porto, tentang keputusan ini, terhadap sosok yang saya hanya bisa mengucapkan terima kasih yang terdalam,"

"Kami bekerja dengan penuh hormat dan keputusan dalam pencalonan kami. Lebih dari 23.000 pemilih menunggu kami dalam pemilihan yang adil dan transparan. 139 anggota majelis akan memutuskan,"

"Terima kasih atas semua kasih sayang yang saya terima. Dukungan kalian dan kekuatan kalian makin mendorong saya. Mari kita lakukan!"

Casillas menjadi salah satu pemain tersukses dalam sejarah sepak bola Spanyol. Bersama Real Madrid, kiper berjulukan 'Santo Iker' itu sukses meraih sederet gelar bergengsi, termasuk lima trofi La Liga dan tiga gelar Liga Champions.

Prestasi tak kalah mentereng juga diraih Casillas bersama tim nasional Spanyol. Bertindak sebagai kapten, ia sukses membawa negaranya menjadi juara EURO 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010. (b/om)